baznas trenggalek

BAZNAS bersama Kankemenag Trenggalek Launching Kampung Zakat Desa Sukowetan

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Trenggalek bekerjasama dengan kantor Kementerian Agama Kabupaten Trenggalek membentuk kampung zakat, Kamis (16/11/23). Terletak di Desa Sukowetan, Kecamatan Karangan.

H. Mahsun Ismail, Ketua BAZNAS Trenggalek dalam paparannya menyampaikan bahwa “kampung zakat ini merupakan program bersama antara BAZNAS dan Kemenag Trenggalek, kami memilih Desa Sukowetan ini karena disini sudah terbentuk UPZ Desa sejak tiga tahun lalu, harapannya kampung zakat ini tidak hanya sebagai simbul, akan tetapi sebagai bagian dari kebangkitan pengelolaan zakat di Desa agar lebih memberikan manfaat yang besar kepada Mustahik”.

Kepala Kankemenag Trenggalek, Nur Ibadi dalam sambutanya menyampaikan “Zakat merupakan pilar Islam, dimana zakat merupakan rukun Islam ketiga, sebagai umat Islam sudah seharusnya kita memperhatikan dan melaksanakan kewajiban zakat”. “Di dalam rezeki kita ada hak orang lain yang dititipkan kepada kita, menukil surat Adzariat ayat 19, jika kita merasa sedang dalam keadaan sulit maka ber zakat lah, karena zakat akan membersihkan dosamu, zakat yang akan membuka kesulitan-kesulitan yang sedang kita hadapi” jalasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga disampaikan bantuan kepada mustahik berupa bantuan kambing kepada 3 mustahik, bantuan usaha UMKM kepada 10 orang dan santunan yatim-piatu sejumlah 19 penerima.

Turut hadir dalam kegiatan Launching Kampung zakat, Kasubag Tu Kemenag, Kasi Bimas Islam, Forkompimca Karangan, Segenap Pimpinan BAZNAS Trenggalek serta tokoh masyarakat dan para penerima bantuan.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori
Share