baznas trenggalek

BAZNAS Kabupaten Bangkalan Study Tiru Program Pemberdayaan Kambing Berbasis Masjid Ke BAZNAS Trenggalek

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bangkalan berkunjung ke BAZNAS Kabupaten Trenggalek untuk melakukan study tiru program pemberdayaan ternak kambing berbasis jamaah masjid, Senin, (14/11/2022). Kunjungan dipimpin langsung oleh ketua BAZNAS Bangkalan bersama 14 orang dari unsur pimpinan dan pelaksana serta dari bagian kesra.

Drs. KH. M. Jazuli Nur, Lc dalam sambutanya menyampaikan, “alhamdulillah kami dapat silaturahmi ke BAZNAS Trenggalek untuk menimba ilmu pengelolaan zakat secara umum di BAZNAS Trenggalek, secara khusus kami mohon dipaparkan terkait program pemberdayaan ekonomi mustahik berupa program ternak kambing”.

Ketua BAZNAS Trenggalek, H. Mahsun Ismail dalam paparannya, “terimakasih atas silaturahmi dari BAZNAS Kabupaten Bangkalan, kalau kami dibilang baik tentu masih banyak kekurangan didalamnya, program pemberdayaan kambing sendiri baru sekitar satu tahun ini kami gulirkan”.

“Alhamdulillah dari 30 kambing yang kami bantukan kepada musthik semua sudah beranak dan memberikan tambahan pendapatan atau aset para mustahik, dari awal masing-masing mustahik menerima tiga ekor, saat ini rata-rata mereka memiliki 5 sampai 9 ekor, dan indukan pertama yang sudah beranak saat ini sudah bergulir ke yang lain” tambahnya.

“ikatan jamaah aktif masjid merupakan hal utama yang kami syaratkan, artinya setelah mereka kita identifikasi sebagai mutahik, hal kedua kita lihat pada sisi ibadah aktif di Masjid, sehingga selain kita memberdayaan secara ekonomi juga sekaligus kita melkukan pemberdayaan mustahik dari sisi ibadah mahdoh” Pungkasnya.

Pemberdayaan ekonomi mustahik dalam bentuk bantuan ternak kambing berbasis jamaah masjid ini sendiri merupakan program kerjasama antara BAZNAS Kabupaten Trenggalek bersama dengan BAZNAS Jawa Timur sejak Agustus tahun 2021 yang lalu, setelah satu tahun berjalan tenyata berjalan dengan baik, bahkan menjadi rujukan BAZNAS Jawa Timur untuk program serupa di Kabupaten/Kota yang lain. (Deni/Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori
Share