baznas trenggalek

Baznas Trenggalek Dirikan Dapur Umum Untuk Bantu Warga Terdampak Banjir Di Trenggalek

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Trenggalek sinergi dengan BAZNAS Pusat serta BAZNAS Jawa Timur mendirikan dapur umum di lokasi terdampak  banjir di Desa Kedunglurah, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Selasa (19/10/2022). Dapur umum itu menyajikan 1.255 paket makanan siap saji, yang terbagi dalam makan pagi,siang dan makan malam untuk warga terdampak bencana banjir.

Sebelumnya, Baznas telah melakukan respons cepat dalam membantu warga terdampak banjir bandang di Kelurahan Kelutan, Kecamatan Trenggalek. Langkah cepat yang dilakukan Baznas adalah dengan membantu proses evakuasi korban, pendataan kebutuhan pokok, dan memberi pelayanan kesehatan kepada warga terdampak banjir, sejak Selasa (18/10/2022).

Arah distribusi bantuan makanan dari dapur umum BAZNAS ini untuk lokasi di Desa Kedunglurah, Kecamatan Pogalan dan Desa Pandean, Kecamatan Durenan. Selain mendirikan dapur umum BAZNAS Tanggap bencana (BTB) juga melakukan giat bersih-bersih Pondok Pesantren, Sekolah, Masjid dan Mushala yang terdampak banjir. Sebagian besar kotoran berupa endapan tanah liat.

“Dapur umum ini merupakan rangkaian dari berbagai aksi yang dilakukan Baznas Trenggalek di lokasi terdampak bencana. Tentu pemenuhan makanan bergizi jadi fokus Baznas dalam melayani para warga, agar terus sehat dan fit. Seperti kita ketahui, bencana banjir bisa memicu datangnya penyakit susulan, maka langkah antisipasi harus dilakukan sesegera mungkin,” keterangan Ir. H Rahmat Purwanto, Wakil Ketua I BAZNAS Trenggalek.

“selain itu kita juga mengganddeng BAZNAS Kota Yogyakarta dalam melakukan aksi bersih-bersih Pondok Pesantren, Masjid/Mushala, Sekolah serta rumah-rumah warga”pungkasnya.

Tak sampai 24 jam pascabencana, Baznas langsung membantu proses evakuasi dan tim yang bergerak ke lokasi telah membawa logistik keperluan mendesak, seperti air mineral, pakaian layak, dan makanan siap saji. (Deni/Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori
Share