baznas trenggalek

Dahsyatnya Bacaan Ayat Kursi, Ayat Paling Agung dalam Al Quran

Ayat kursi merupakan salah satu ayat yang paling banyak diamalkan oleh umat Islam. Bagaimana tidak, ayat kursi termasuk salah satu ayat yang memiliki kedudukan yang paling agung dalam Al-Quran. Ayat mulia ini diturunkan setelah Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah, dan beribu-ribu malaikat turut mengiringi turunnya ayat tersebut karena kebesaran firman Allah SWT.

Ayat yang menjadi surat kedua di dalam Al-Quran ini juga merupakan ayat ke-255 dalam Surah Al-Baqarah.

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa takhudzuhuu sinatuw walaa naum, la huu maa fis samaawaati wa maa fil ardh, mann dzal ladzii yasyfau indahuu illa biidznih, ya lamu maa baina aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiituuna bisyai im min ilmihii illaa bimaa syaa, wasia kursiyyuhus samaawaati walardh, wa laa yaudluhuu hifdzuhumaa, wa huwal aliyyul adziim.

Artinya:

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Dalam ayat kursi, Allah SWT telah menegaskan tentang keesaan dan kekuasaan-Nya secara mutlak bahwa tiada zat yang layak untuk disembah kecuali diri-Nya. Keutamaan ayat kursi tercantum dalam hadist riwayat Imam Abu Hamid, sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:

“Ayat kursi merupakan ayat yang diberkahi, tidak ada yang membukakan kesulitan, menyingkirkan bencana dan menghilangkan kesedihan lebih cepat daripada ayat kursi.” (HR. Imam Abu hamid Bin Muhammad Al-Ghazali).

Ayat kursi menjadi pedoman bagi umat Islam dalam menjalani kehidupan agar senantiasa mendapat lindungan dari Allah SWT, baik di dunia maupun di akhirat. Allah SWT menjamin akan membukakan pintu rezeki bagi siapapun yang membaca ayat yang paling agung tersebut. Maka dari itu, dengan mengamalkan bacaan ayat kursi setiap hari, maka insya Allah akan selalu mendapat keberkahan, kebermanfaatan, dijaga dari setan dan dipermudah segala urusan.

Dahsyatnya lagi, bagi umat Muslim yang mengamalkan ayat kursi, maka Allah akan membuka 8 pintu surga untuknya dan dipersilahkan untuk masuk ke pintu yang mana saja.

Umat Muslim dianjurkan untuk membaca ayat kursi setelah shalat wajib ataupun shalat sunah. Allah juga akan melindungi umat-Nya yang melantunkan ayat kursi pada malam hari, niscaya Allah akan menjaga dari setan hingga mendekati waktu pagi.

Sahabat BAZNAS, mari kita amalkan bacaan ayat kursi secara rutin agar mendapat ridho dan pahala dari Allah SWT. Selain mengamalkan ayat yang mulia tersebut, jangan lupa untuk membayar zakat, infak dan sedekah melalui BAZNAS yang dapat ditunaikan melalui tautan berikut ini: https://baznastrenggalek.id/

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori
Share