baznas trenggalek

Perkemahan Wirakarya, Kolaborasi Pramuka Trenggalek, BAZNAS Jawa Timur dan BAZNAS Trenggalek

Perkemahan Wirakarya merupakan agenda rutin Pramuka Trenggalek bekerja sama dengan BAZNAS Provinsi Jawa Timur dan BAZNAS Kabupaten Trenggalek, tahun ini (2023) merupakan tahun ketiga pelaksanaan Perkemahan Wirakarya.

Di tahun ketiga ini Perkemahan Wirakarya dilaksanakan di Desa Sumurup dan Desa Sengon Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek dengan agenda membangun 20 rumah, dalam kegiatan ini BAZNAS Kabupaten Trenggalek juga turut mengirimkan tim BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) Kabupaten Trenggalek.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari (2-6 Juli 2023) yang dimana kegiatan ini juga melibatkan pramuka penegak di seluruh kabupaten Trenggalek, jadi sekolah-sekolah mengirimkan delegasinya untuk turut serta dalam mensukseskan kegiatan ini.

Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan baik dari hari ke hari meskipun sepanjang kegiatan ini ditemani cuaca yang tidak menentu kadang cerah dan tiba-tiba mendung, kadang juga kabut akan tetapi tidak mempengaruhi semangat para peserta, bagi mereka cukup cuaca saja yang tiba-tiba berganti tapi semangat harus tetap on point 💪

Selain mendirikan rumah karya, kegiatan ini juga di isi dengan siraman rohani oleh para penyuluh yang dikirim oleh Kementerian Agama, bukan hanya untuk peserta saja melainkan untuk para masyarakat juga.

Pada malam penutupan kegiatan ini para peserta diajak untuk melakukan kegiatan spesial di masing-masing rumah karya, ada yang bakar-bakaran dan makan bersama dengan masyarakat sekitar, ada yang mengadakan acara di mushola sekitar rumah karya. Uniknya ada 1 titik yang kebetulan rumah karyanya berdekatan, kepala desa Sumurup mengadakan gelar seni kebanggan Trenggalek, seni Jaranan Turonggo Yakso dan penampilan seni Lesung (seni asli dari Bendungan) dari para peserta Perkemahan Wirakarya yang hanya latihan 2 hari saja, acara ini dimaksudkan sekaligus penutupan kegiatan tersebut.

Paginya para peserta berpamitan dengan keluarga dan masyarakat sekita, tak lupa mereka mengucapkan maaf dan terima kasih, tidak sedikit yang menitikkan air mata, tapi itulah bukti ketulusan mereka.

Setelah berpamitan kemudian semuanya menuju ke Alun-alun untuk melakukan upacara penutupan. Upacara penutupan dipimpin oleh H. Mahsun Ismail selaku pembina Pramuka Trenggalek, beliau tidak menyampaikan pidato yang panjang lebar, beliau hanya menyampaikan beberapa wejangan untuk seluruh peserta dan tidak lupa ucapan terima kasih untuk mereka.

Dengan adanya kerjasama seluruh pihak, Alhamdulillah agenda Perkemahan Wirakarya tahun ini bisa berjalan dengan baik, dan semoga kegiatan ini bisa bermanfaat dan menjadi amal untuk semuanya.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori
Share