baznas trenggalek

Selaraskan Langkah Kerja Dengan UPZ, BAZNAS Trenggalek Adakan Rapat Kerja

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Trenggalek menggelar acara rapat kerja tahun 2023 yang bertempat di Pendopo Manggala Praja Nugraha Trenggalek, Kamis (22/06/2023). Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Ketua BAZNAS Jawa Timur, KH. Moh. Roziqi, MM.

Pada acara tersebut dihadiri oleh OPD di Lingkungan Pemkab Kabupaten Trenggalek, Instansi Vertikal, Puskesmas, Unit Dikpora serta SMP se Kabupaten Trenggalek.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan bantuan bedah rumah kepada 20 penerima yang beralamat di desa Sumurup dan Sengon Kecamatan Bendungan. Bantuan ini merupakan sinergi dengan BAZNAS Jatim dimana masing-masing penerima mendapat bantuan Rp. 20.000.000,- terdiri dari 15 juta dari BAZNAS Jatim dan 5 juta dari BAZANS Trenggalek. Nantinya akan dilaksanakan pembedahan pada tanggal 2 sampai dengan 6 bulan juli 2023 dalam kegiatan perkemahan wirakarya bersama kwarcab pramuka trenggalek.

H. Mahsun Ismail, Ketua BAZNAS Trenggalek dalam paparannya menyampaikan bahwa “kegiatan rapat kerja ini merupakan langkah BAZNAS Trenggalek dalam menyelaraskan program kerja bersama dengan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) pada masing-masing OPD, mengingat target yang ditentukan oleh BAZNAS Jatim untuk Trenggalek tahun ini ditarget 8,3 miliar. Sampai dengan bulan juni realisasi penerimaan 3,5 miliar, tentu ini menjadi upaya bersama untuk mencapai terget tersebut”.

“pada sisi penyaluran disampaikan capaian-capaian yang dilakukan, tentu juga kami mohon masukan bapak/ibu pengurus UPZ agar semakin baik. Pada sisi transparansi dan akuntabilitas pengelolaan, Alhamdulillah BAZNAS Trenggalek selalu mendapat opini WTP”. Pungkasnya.

Usai menyerahkan bantuan secara simbolis, Ketua BAZNAS Jatim, KH. Moh. Roziqi, MM, dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal “Zakat merupakan kewajiban masing-masing individu, BAZNAS diberikan tugas oleh pemerintah untuk mengelola zakat, kalau menurut ayat Al-Qur’an sebagai amil kita diminta untuk mengambil zakat-zakat meraka yang memang sudah berkewajiban mengeluarkan. Alhamdulillah jenengan difasilitasi melalui UPZ, maka harapan saya zakat ini harus dijadikan kewajiban utama yang harus kita tunaikan”.

“antara BAZNAS Trenggalek dan BAZNAS Jatim tentunya dalam kerjanya saling berkoordinasi dan bersinergi, dalam berbagai hal termasuk dalam program-program pendistribusian, harapannya kedepan program-program pemberdayaan lebih ditingkatkan lagi dalam upaya mensejahterakan mustahik” pungkasnya.

Staff Ahli Bupati, Totok Rujianto, Mewakili Bupati Trenggalek memberikan sambutan “saya menekankan kepda rekan-rekan ASN sekalian agar yang belum membayar zakat melalui BAZNAS atau belum optimal 2,5% agar ditingkatkan, melihat kinerja BAZNAS Trenggalek saat ini, saya hakul yakin dana ZIS yang kita bayarkan dikelola dengan amanah dan tepat sasaran. Maka dari itu jangan ragu lagi akan pengelolaan ZIS oleh BAZNAS Trenggalek. (Deni/Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori
Share