baznas trenggalek

Tingkatkan Pendapatan Masyarakat Miskin, BAZNAS Jatim Bersama BAZNAS Trenggalek Bantu Ternak Kambing Berbasis Jamaah Masjid

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jawa Timur bersama BAZNAS Kabupaten Trenggalek sinergi program pemberdayaan ekonomi dalam bentuk bantuan ternak kambing berbasis jamaah Masjid/Mushala. Program ini merupakan upaya yang dilakukan oleh lembaga ini dalam meningkatkan pendapatan masyarakat miskin.

Tahun 2023 merupakan tahun ketiga program ini dilaksanakan, kali ini BAZNAS Jatim dan BAZNAS Trenggalek memberikan bantuan tersebut kepada 10 jamaah masjid Nurul Iman (Desa Masaran, Kecamatan Bendungan). Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini bantuan kambing jenis domba, dimana dari hasil telaah di lapangan jenis domba lebih unggul pada berbagai sisi dibanding jenis kambing jawa.
Bantuan yang diberikan kali ini sejumlah 41 ekor domba untuk 10 penerima dengan total nominal Rp. 75.000.000,- (tujuh puluh lima juta rupiah). Secara simbolis bantuan diserahkan langsung oleh bupati Nur Arifin didampingi ketua BAZNAS Jatim pada kegiatan BAZNAS AWARD 2023 yang dilaksanakan di pendapa manggala praja nugraha pada 20 Desember 2023 lalu.
Dalam keterangannya, ketua BAZNAS Jatim, Prof. Dr. Ali Maschan Moesa, M.Si menyampaikan “bantuan ternak kambing berbasis jamaah sinergi dengan BAZNAS Trenggalek ini kami rasa cukup bagus dan dapat meningkatkan pendapatan jamaah, ini kali ketiga atau kelompok ketiga yang kami bantu, mudah-mudahan terus berkembang”.
“hasil laporan dari BAZNAS Trenggalek kepada kami, dua kelompok sebelumnya dari total 30 kambing yang kami salurkan sudah menjadi 70 an, dan sudah bergulir kepada jamaah yang lain” pungkasnya.

Pimpinan BAZNAS Trenggalek mengakui bahwa ide memberikan kambing jenis domba tersebut terinspirasi dari peternak domba yang dinilai berkembang biaknya domba lebih cepat dibandingkan dengan kambing biasa. Dengan bergantinya jenis kambing jawa ke domba harapan kami perputaran ekonominya bisa lebih cepat, ungkap salah satu pimpinan BAZNAS Trenggalek.

Domba-domba tersebut diantarkan dan diserahkan langsung oleh jajaran pimpinan BAZNAS Trenggalek beserta pelaksana kepada mustahik penerima. Pastinya ini akan menjadi tantangan sekaligus ilmu baru bagi para mustahik. (Humas/Deni)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori
Share